DI ANTARA KASIH SAYANG RASŪLULLĀH ﷺ KEPADA ANAK KECIL

🌍 BimbinganIslam.com
Selasa, 17 Jumada Al-Akhir 1441 H / 11 Februari 2020 M
👤 Ustadz Arief Budiman, Lc
📗 Kitāb Fiqhu Tarbiyatu Al-Abnā wa Thāifatu min Nashā'ihi Ath-Athibbāi
🔊 Halaqah 39 | Di Antara Kasih Sayang Rasulullah Shallallahu 'alayhi wa Sallam Kepada Anak Kecil
⬇ Download audio: bit.ly/TarbiyatulAbna-39
~~~~

DI ANTARA KASIH SAYANG RASŪLULLĀH ﷺ KEPADA ANAK KECIL

بسم اللّه الرحمن الرحيم
الحمد لله، والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه، ولاحول ولا قوة إلا بالله أما بعد

Ma'asyiral Mustami'in, kaum muslimin para  pemirsa, para pendengar yang dimuliakan oleh Allāh Subhānahu wa Ta'āla.

Ini adalah halaqah yang ke-39 Ini dari kitāb  Fiqhu Tarbiyatul Abnā wa Thāifatu min Nashā'ihi Al Athibbāi tentang fiqih mendidik atau membimbing anak-anak dan penjelasan sebagian nasehat dari para dokter karya Syaikh Musthafa Al Adawi Hafīdzahullāh.

Dalam kitāb, kita akan lanjutkan pada halaman ke-73 masih berkaitan seperti sesi sebelumnya.

ومن رحمته أيضا بالصغار و عطفه عليهم ودعائه لهم

Diantara hadīts-hadīts yang menerangkan contoh-contoh kasih sayang Rasūlullāh kepada anak-anak kecil dan kelembutan beliau dan bagaimana beliau mendo'akan anak-anak kecil (para sahabat radhiyallāhu ' anhum ajmain)

Diantaranya hadīts dalam shahīh Bukhāri dan Muslim dari sahabat As-Saib bin Yazid radhiyallāhu 'anhu, beliau menceritakan :

ذَهَبَتْ بِي خَالَتِي إِلَى النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم فَقَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ، إِنَّ ابْنَ أُخْتِي وَجِعٌ‏.‏ فَمَسَحَ رَأْسِي وَدَعَا لِي بِالْبَرَكَةِ، ثُمَّ تَوَضَّأَ فَشَرِبْتُ مِنْ وَضُوئِهِ، ثُمَّ قُمْتُ خَلْفَ ظَهْرِهِ، فَنَظَرْتُ إِلَى خَاتَمِ النُّبُوَّةِ بَيْنَ كَتِفَيْهِ مِثْلِ زِرِّ الْحَجَلَةِ‏.‏

"Suatu hari bibiku membawaku kepada Nabi shallallāhu 'alayhi wa sallam, lalu ia berkata,'Wahai Rasūlullāh, sesungguhnya putera saudaraku terkena penyakit'. Kemudian beliau mengusap kepalaku dan memohon keberkahan bagiku, setelah itu beliau berwudhu dan aku minum air wudhu'nya. Selanjutnya aku berdiri dibelakang pundaknya dan melihat cap kenabian di antara dua pundaknya bagaikan kancing tenda besar."

(Hadīts shahīh riwayat Al-Bukhāri nomor 5670 dan Muslim nomor 2345)

Sebagaimana dikatakan oleh Imam Nawawi زِرِّ الْحَجَلَةِ‏ adalah kancing yang ada pada tenda besar dan ini adalah penafsiran jumhur ulama.

Intinya Nabi shallallāhu 'alayhi wa sallam menyayangi As-Saib bin Yazid yang saat itu masih kecil karena bibinya membawa beliau kepada Nabi shallallāhu 'alayhi wa sallam dan Nabi shallallāhu 'alayhi wa sallam mendo'akan dengan keberkahan.

وانظر إلى فعل أبي بكر رضى الله عنه مع الحسن بن علي

Lihat apa yang dilakukan Abū Bakar radhiyallāhu 'anhu  bersama Hasan bin Āli radhiyallāhu 'anhu.

Diriwayatkan oleh Al-Bukhāri dari hadīts dari Uqbah bin Al-Harits, dia berkata :

رَأَيْتُ أَبَا بَكْرٍ ـ رضى الله عنه ـ وَحَمَلَ الْحَسَنَ وَهْوَ يَقُولُ بِأَبِي شَبِيهٌ بِالنَّبِيِّ، لَيْسَ شَبِيهٌ بِعَلِيٍّ‏.‏ وَعَلِيٌّ يَضْحَكُ‏

"Aku melihat Abū Bakar radhiyallāhu 'anhu yang sedang memangku Al-Hasan, dia berkata, 'Bapakku sebagai tebusannya, dia mirip Nabi dan tidak mirip Āli dan Āli pun tertawa'."

(Hadīts shahīh riwayat Al-Bukhāri nomor 3750)

Itu para pendengar rahīmakumullāh tambahan contoh-contoh dari hadīts  bagaimana akhlak mulia Nabi shallallāhu 'alayhi wa sallam dan sahabat (Abū Bakar) ketika bercanda kepada Al-Hasan bin Āli radhiyallāhu 'anhu.

In syā Allāh pada halaqah berikutnya kita membahas hadīts-hadīts tentang anak-anak hendaknya dilatih bermain dengan permainan-permainan yang bermanfaat.

Atas segala kekurangan mohon maaf sebesar-besarnya.


وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين
واخردعوانا أن الحمد لله رب العالمين
والسلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته

0 Response to "DI ANTARA KASIH SAYANG RASŪLULLĀH ﷺ KEPADA ANAK KECIL"