BAYI TUMBUH GIGI DEMAM BEBERAPA HARI

Senangnya saat melihat bayi tumbuh besar dan mulai makan. Pada usia enam bulan, bayi sudah mulai mendapatkan makanan pendamping ASI atau MP-ASI. Ya, akhirnya iapun bisa tidur nyenyak malam hari tanpa perlu bangun untuk minum susu!Tidur Anda jadi Iebih nyenyak? Eits,tunggu dulu. Pada masa ini, umumnya bayi juga akan mulai tumbuh gigi. Masalah baru pun dimulai. Dari menggigiti puting ibu,demam, berliur terus menerus, tidak mau minum susu, sampai rasa tidak nyaman yang mem-buatnya menangis dan tidak bisa tidur dan hal ini sangat mengganggu sekali terutama bagi kedua orang tua. Sepertinya masalah tidur ini tidak usai-usai. Tidak perlu marah dan kesal. Ingatlah bahwa semua ini adalah fase yang harus dilewati sang anak guna mencapai pertumbuhan yang terbaik.



Dengan menguasai trik-triknya, Anda dapat membantu bayi melalui fase ini tanpa harus ikut menderita sepertinya.



Tips:
  • Berikan obat pereda nyeri. Umumnya obat seperti sirup parasetamol atau ibuprofen dapat membantu bayi untuk meredakan nyeri. Obat bisa diberikan setiap 4-6 jam, dengan jeda kurang lebih terhadap pemberian susu. Malam hari, obat bisa diberikan tanpa perlu membangunkan bayi, yaitu dengan perlahan - lahan menyuapkan sirup menggunakan pipet. Perhatikan juga cara dan dosis pemberian obat.
  • Berikan Teether atau mainan untuk dikunyah-kunyah. Jangan Iupa dibersihkan sebelumnya.
  • Berikan sayuran beku dalam ukuran kecil, buah dingin yang dihaluskan, atau kain yang dibasahi air dingin. lni akan meredakan rasa tidak nyaman di gusinya.
  • Bersihkan dan keringkan liur yang menetes di wajah karena bisa menyebabkan ruam pada wajah.
  • Jika bayi menarik - narik telinganya, ini mungkin tanda terjadinya infeksi telinga.Waspada dan periksakan ke dokter jika ini terjadi,terutama jika disertai demam tinggi.
  • Jika bayi terbangun pada malam hari, berikan air atau susu untuk membantu membuka saluran antara antara hidung dan telinga.
  • Sebagai tambahan jika demam mulai tinggi berikankah daun bawang untuk mengurangi panas dari si anak.

0 Response to "BAYI TUMBUH GIGI DEMAM BEBERAPA HARI"